Jejak Freemason dan Yahudi di Indonesia
Seorang rekan pernah bertanya kepada saya, “menurut kamu apa Yahudi ada di Indonesia?, mengingat Yahudi itu kan diaspora”. Jujur saya katakan pada teman saya waktu itu saya belum tahu tentang penampakan Yahudi di Indonesia. Penasaran dengan pertanyaan teman saya, saya pun melakukan penelusuran terhadap beberapa literature yang saya dapatkan. Saya sungguh terkejut, ternyata organisasi Freemason (Tarekat Mason Bebas)-organisasi rahasia Yahudi- itu telah bercokol lama di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda, bahkan salah satu tokoh utama Freemason ini adalah tokoh-tokoh yang dianggap seagai tokoh pergerakan nasional. Penampakan Freemason ini pada awalnya mengibarkan
propaganda sebagai sebuah organisasi yang menjunjung tingi nilai-nilai
kemanusiaan.
Kita dapat simak dalam salah satu anggaran dasar dari Freemason di Indonesia ini:“Tarekat Mason Bebas adalah pandangan hidup jiwa yang timbul dari
dorongan batin, yang mengungkapkan dirinya dalam upaya berkesinam
bungan untuk mengembangkan semua sifat roh dan hati nurani, yang dapat
mengangkat manusia dan umat manusia ke tingkat susila dan moral yang
lebih tinggi. Ia terapkan dalam pelaksanaan seni hidup yang lebih tinggi.” (Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia
1764-1962, hal. 5). Selanjutnya Freemason ini meluaskan sayap-sayapnya
di berbagai elemen masyarakat untuk dapat menyebarkan paham-paham
terselubung dari agama Yahudi ke berbagai lapisan masyarakat.
Freemason ini tak lupa juga menyisipkan ritual-ritual islam di dalam
pengajaran dari freemason. Kita dapat saksikan dalam kutipan berikut ini:“Situasi yang baru sama sekali tercipta ketika muncul anggota-anggota
Indonesia (dan Tionghoa) di loge-loge. Pakaian tradisional dari kalangan elit
Jawa, penggunaan Al Quran sebagai Kitab Suci pada pertemuan-pertemuan
formal di Rumah Pemujaan…memberikan wajah baru kepada kegiatan-
kegiatan loge.” (Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda
dan Indonesia 1764-1962, hal. 28).Loge dan Rumah Pemujaan yang dimaksud pada kutipan diatas bukanlah
masjid maupun gereja, merupakan sebuah tempat pertemuan anggota
Freemason Indonesia untuk mengadakan pemujaan kepada kepada Yang
Maha Terang, yang dalam ritualnya para anggota Mason tersebut membacakan sebuah nyanyian kerohanian.
Loge yang pertama kali dibangun di Batavia oleh Albertus van der Parra
(1761-1775), yang bernama “La Choisie (Terpilih) atas prakarsa Joan
Cornelis Radermacher. Setelah itu di bangun pula pada bulan November
1767 di Batavia sebuah loge baru bernama “La Fidele Sincerite”.
Tahun 1767 pada umunya dianggap sebagai awal kehadiran Tarekat Mason
Bebas yang terorganisir di Jawa. Selain melakukan pertemuan di loge-loge,
mereka juga kerap melakukan pertemuan rahasia di Amanusgracht (Jl. Kopi/
Jl. Bandengan Jakarta) dan di kawasan Molenvliet (Jl. Gajah Mada/ Hayam
Wuruk). Selain di kedua daerah diatas, seorang pakar Hukum yang namanya
diakui dalam ilmu Hukum Indonesia, yaitu Jacob Van Vollenhoeven, ternyata
memainkan peranan penting terhadap pendirian Loge Matahari di Padang
pada tahun 1858 yang beberapa bulan sebelumnya pada tanggal 11 Desember
1857 berkumpul dirumahnya untuk me,bahas mengenai pendirian Loge
tersebut.
Loge terakhir yang didirikan terakhir sebelum tahun 1890 di Jawa adalah
Loge “Veritas” di Probolinggo Jawa Timur.
Tokoh-Tokoh Indonesia Yang Terlibat di dalam Freemason1. Raden Saleh dilantik pada tahun 1836 di loge Den Haag “Endracht Maakt
Macht”2. Abdul Rachman, keturunan dari Sultan Pontianak, dilantik tahun 1844 di
Loge di Surabaya “De Vriendschap” dan Gedenkboek tahun 1917 terdapat
keterangan bahwa dia adalah Mason pertama yang beragama Islam.3. Pangeran Ario Soeryodilogo (1835-1900) menjadi anggota loge Mataram
di Yogyakarta4. Pangeran Ario Notokusuma (Paku Alam VI)5. Pangeran Arionotodirojo (1858-1917). Masuk keanggotaan loge Mataram pada tahun 1887 dan memegang berbagai jabatan kepengurusan. Ia ketua Boedi Oetomo antara tahun 1911-1914. pada tahun 1913 ia mendirikan
Sarekat Islam Cabang Yogya yang banyak beranggotakan elit Jawa.
Notodirojo seorang yang disegani dan dianggap sebaga pergerakan rakyat
Jawa.6. R.M. Adipati Ario Poerbo Hadiningrat, yang pada awal abad ke 20
memangku jabatan bupati Semarang dan Salatiga. Bukunya yang terkenal
adalah Wat ik als Javaan voor geest en gemoed in de Vrijmetselarij heb
gevonden.7. Raden Adipati Tirto Koesoemo Bupati Karanganyar. Anggota Loge Mataram sejak tahun 1895. ketua pertama Boedi Oetomo. Pada kongres ke dua Boedi oetomo, yang diadakan di gedung Loge Mataram, ia
mengusulkan pemakaian Bahasa Melayu, mendahului Sumpah Pemuda.8. A.H. van Ophusyen S.H. (1883-1956). Notaries dan anggota Dewan kota
Batavia. Salah seorang pendiri dari indo Europees Verbond-Ikatan Indo
Eropa. Wakil Suhu Agung untuk Indonesia.9. Raden Mas Toemenggoen Ario Koesoemo Yoedha, 1882-1955, putra dari Pakoe Alam V. menjadi anggota loge Mataram pada tahun 1909 dan berkali-kali memegang jabatan kepengurusan. Pada tahun 1930 menjadi Anggota Pengurus Pusat10. Dr. Radjiman Wediodipoera (Wediodiningrat), 1879-1952. antara tahun 1906 dan 1936 dokter pada keratin Solo. Sarjana dan penulis mengenai falsafah budaya. Pejabat ketua Boedi Oetomo 1914-1915. pada tahun 1945 memaainkan peranan penting sebagai ketua dari Badan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Bersama Soekarno dan Hatta pergi menemui Marsekal Terauchi dalam pembicaraan kemerdekaan Indonesia.Raden
Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Bogor, 1908. dalam tahun 1952 menjadi
anggota dari loge Indonesia Purwo Daksia. Ia menjabat sebaia Kepala
kepolisian RI . Soekanto menjadi Suhu Agung dari Timur Agung Indonesia
atau Federasi Nasional Mason. Ia juga menjabat sebagai ketua dari
Yayasan Raden Saleh yang merupakan penerusan dari Carpentier Alting
Stiching.11. R.A.S Soemitro Kolopaking Poerbonegoro, menjadi Ketua Suhu Agung dari Timur Agung Indonesia pada 7 April 1955 (Hari berdirinya Tarekat
Mason Indonesia).12. R.A. Pandji Tjokronegoro, terdaftar sebagai anggota pada tahun 1908, hal ini dikuatkan dengan bukti dia merayakan Yubelium Mason Bebas
pada 50 tahunnya Mason Bebas.
Tokoh Penjajah Belanda dalam Sejarah Indonesia yang Merupakan Member Freemason :1. Herman Willem Daendels, dilantik di Loge Kampen “Le Profond Silence”.2. Thomas Stamford Raffles, pada tanggal 26 Juni 1813 diterima di dalam Tarekat oleh Engelhard, sedangkan diplomasinya ditandatangani oleh mason-mason bebas yang terkenal dan penguasa-penguasa colonial.3. Johannes Van Den Bosch, dilantik di Loge De Vriendschap pada tahun 1830.
Loge-Loge atau Loji Yang Ada di Indonesia
1. Loge La Choisie di Batavia (1764-1766)
2. Loge La Fidele Sincerite (1767)
3. Loge La Virtuese (1769)
4. Loge La Constante et Fidele (1801) di Semarang
5. Loge De Vriendschap (1809) di Surabaya
6. Loge De Ster in Het Oosten (Loji Bintang Timur) di Batavia (1837)
7. Loge Matahari di Padang (1858)
8. Loge Princes Frederik der Nederlanden di Rembang (1871)
9. Loge L Union Frederic Royal di Surakarta (1872)
10. Loge Prins Frederik di Kota Raja Aceh pada tahun 1880
11. Loge Veritas di Probolinggo
12. Loge Arbeid Adelt di Makassar (1888)
13. Loge Excelsior di Bogor (1891)
14. Loge Tidar di Magelang (1891)
15. Loge St. Jan di Bandung (1896)
16. Loge Fraternitas di Salatiga (1896)
17. Loge Humanitas di Tegal (1898)
18. Loge Malang (1901)
19. Loge Blitar (1906)
20. Loge Kediri (1918)
21. Loge Het Zuinderkruis (Rasi Pari) di Batavia (1918)
22. Loge De Broerderketen (Segitiga) di Jember (1926)Selain pendirian Loge sebagai sarana untuk menyampaikan misinya,
para Freemason ini juga mendirikan sekolah-sekolah dan kesempatan
belajar keluar negeri, berikut kita dapat kutip dari keterangan Dr. Th.
Steven: “Kaum Mason Bebas tidak hanya mendirikan sekolah-sekolah untuk kaum Indo yang miskin, tetapi juga memberi kesempatan kepada kaum muda Jawa yang berbakat untuk mengembangkan diri lebih lanjut melalui pendidikan di Eropa”. (Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia 1764-1962, hal. 47).Adapun tahun-tahun pendirian sekolah-sekolah Mason tersebut adalah sebagai berikut:
1875 di Semarang
1879 di Batavia
1885 di Yogyakarta, dua sekolah
1887 di Surakarta dan Magelang
1888 di Buitenzorg (Bogor)
1889 di Padang dan Probolinggo
1892 di Semarang, sekolah kedua
1897 di tegal
1898 di Bandung dan Manado
1899 di Aceh
1900 di Malang
1903 di Malang, sekolah kedua
1905 di Bandung, sekolah kedua
1907 di Blitar
1908 di Surabaya
1900 di Padang, Magelang (sekolah kedua) dan Medan, Makssar, Kediri
1926 di Malang, sekolah ketiga
Selain mendirikan sekolah-sekolah, para anggota Tarekat Mason Bebas di Indonesia ini juga mendirikan berbagai perpustakaan di berbagai daerah. Di semarang pada tahun 1875 di buka perpustakaan yang disebut “De Verlichting” dan pada tahun 1917 ditempatkan di Peprustakaan Pusat dan Ruang Baca Umum. Jenis perpustakaan itu dengan berjalannya waktu, muncul hampir bersamaan dengan di semua tempat yang ada loge. Pada tahun 1877 didirikan sebuah perpustakaan di Padang dan kemudian:
1878 di Yogya
1879 di Surabaya
1882 di Salatiga
1889 di Probolinggo
1890 di Buitenzorg (Bogor)
1891 di Bandung
1892 di Menado
1895 di Manado
1897 di Tegal
1899 di Medan
1902 di Ambon
1902 di Malang
1908 di Magelang
1907 di Blitar
Eksisnya Yahudi di Indonesia Pasca Kemerdekaan
Jika Yahudi pra kemerdekaan yang tergabung di dalam Freemason itu hengkang setelah keputusan Presiden tentang organisasi terlarang Freemason, ternyata di kemudian hari Freemason ini kembali eksissetelah sembunyi-sembunyi. Modus operandi mereka mengaku sebagai keturunan Arab, umat awam pasti akan terkecoh karena Yahudi dan Arab dalam segi fisik tak jauh berbeda. Bukti eksisnya Yahudi ini dapat kita telusuri. Contoh paling mudah tentang eksisnya Yahudi serta Sinagognya, dapat kita lihat pada daerah Surabaya, tepatnya Jalan Kayon no. 4 Surabaya (dekatnya Delta Plaza Surabaya). Jika amati seksama bangunan di Kayon ini, maka kita dapat teliti bahawa gambar Bintang David itu sangat jelas terpampang pada bagian pagar dari sinagoga tersebut.
Bangunan yang sekilas tampak “sepuh” ini menurut keterangan warga pada hari Sabtu Agung, selalu dinyanyikan lantunan lagu rohani berbahasa Ibrani. Selain itu eksisnya sebuah Sinagoga di daerah Kembang Jepun (jika malam pusat kuliner :"Kiyaki”) pada nomor 4-6 , kita akan dapati sebuah Sinagoga terbuka yang sangat jelas. Dulu Sinagoga ini dipakai oleh Rita Aaron (peragawati dan model Surabaya) yang Yahudi untuk beribadat menyembah Yahweh (sebutan Tuhan oleh orang Yahudi).
Seorang rekan pernah bertanya kepada saya, “menurut kamu apa
Yahudi ada di Indonesia?, mengingat Yahudi itu kan diaspora”. Jujur saya
katakan pada teman saya waktu itu saya belum tahu tentang penampakan
Yahudi di Indonesia. Penasaran dengan pertanyaan teman saya, saya pun
melakukan penelusuran terhadap beberapa literature yang saya dapatkan.
Saya sungguh terkejut, ternyata organisasi Freemason (Tarekat Mason
Bebas)-organisasi rahasia Yahudi- itu telah bercokol lama di Indonesia
sejak zaman penjajahan Belanda, bahkan salah satu tokoh utama
Freemason ini adalah tokoh-tokoh yang dianggap seagai tokoh pergerakan
nasional. Penampakan Freemason ini pada awalnya mengibarkan
propaganda sebagai sebuah organisasi yang menjunjung tingi nilai-nilai
kemanusiaan.
propaganda sebagai sebuah organisasi yang menjunjung tingi nilai-nilai
kemanusiaan.
Kita dapat simak dalam salah satu anggaran dasar dari Freemason di
Indonesia ini:
“Tarekat Mason Bebas adalah pandangan hidup jiwa yang timbul dari
dorongan batin, yang mengungkapkan dirinya dalam upaya berkesinam
bungan untuk mengembangkan semua sifat roh dan hati nurani, yang dapat
mengangkat manusia dan umat manusia ke tingkat susila dan moral yang
lebih tinggi. Ia terapkan dalam pelaksanaan seni hidup yang lebih tinggi.”
dorongan batin, yang mengungkapkan dirinya dalam upaya berkesinam
bungan untuk mengembangkan semua sifat roh dan hati nurani, yang dapat
mengangkat manusia dan umat manusia ke tingkat susila dan moral yang
lebih tinggi. Ia terapkan dalam pelaksanaan seni hidup yang lebih tinggi.”
(Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia
1764-1962, hal. 5). Selanjutnya Freemason ini meluaskan sayap-sayapnya
di berbagai elemen masyarakat untuk dapat menyebarkan paham-paham
terselubung dari agama Yahudi ke berbagai lapisan masyarakat.
Freemason ini tak lupa juga menyisipkan ritual-ritual islam di dalam
pengajaran dari freemason. Kita dapat saksikan dalam kutipan berikut ini:
1764-1962, hal. 5). Selanjutnya Freemason ini meluaskan sayap-sayapnya
di berbagai elemen masyarakat untuk dapat menyebarkan paham-paham
terselubung dari agama Yahudi ke berbagai lapisan masyarakat.
Freemason ini tak lupa juga menyisipkan ritual-ritual islam di dalam
pengajaran dari freemason. Kita dapat saksikan dalam kutipan berikut ini:
“Situasi yang baru sama sekali tercipta ketika muncul anggota-anggota
Indonesia (dan Tionghoa) di loge-loge. Pakaian tradisional dari kalangan elit
Jawa, penggunaan Al Quran sebagai Kitab Suci pada pertemuan-pertemuan
formal di Rumah Pemujaan…memberikan wajah baru kepada kegiatan-
kegiatan loge.” (Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda
dan Indonesia 1764-1962, hal. 28).
Indonesia (dan Tionghoa) di loge-loge. Pakaian tradisional dari kalangan elit
Jawa, penggunaan Al Quran sebagai Kitab Suci pada pertemuan-pertemuan
formal di Rumah Pemujaan…memberikan wajah baru kepada kegiatan-
kegiatan loge.” (Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda
dan Indonesia 1764-1962, hal. 28).
Loge dan Rumah Pemujaan yang dimaksud pada kutipan diatas bukanlah
masjid maupun gereja, merupakan sebuah tempat pertemuan anggota
Freemason Indonesia untuk mengadakan pemujaan kepada kepada Yang
Maha Terang, yang dalam ritualnya
masjid maupun gereja, merupakan sebuah tempat pertemuan anggota
Freemason Indonesia untuk mengadakan pemujaan kepada kepada Yang
Maha Terang, yang dalam ritualnya
para anggota Mason tersebut membacakan sebuah nyanyian kerohanian.
Loge yang pertama kali dibangun di Batavia oleh Albertus van der Parra
(1761-1775), yang bernama “La Choisie (Terpilih) atas prakarsa Joan
Cornelis Radermacher. Setelah itu di bangun pula pada bulan November
1767 di Batavia sebuah loge baru bernama “La Fidele Sincerite”.
Loge yang pertama kali dibangun di Batavia oleh Albertus van der Parra
(1761-1775), yang bernama “La Choisie (Terpilih) atas prakarsa Joan
Cornelis Radermacher. Setelah itu di bangun pula pada bulan November
1767 di Batavia sebuah loge baru bernama “La Fidele Sincerite”.
Tahun 1767 pada umunya dianggap sebagai awal kehadiran Tarekat Mason
Bebas yang terorganisir di Jawa. Selain melakukan pertemuan di loge-loge,
mereka juga kerap melakukan pertemuan rahasia di Amanusgracht (Jl. Kopi/
Jl. Bandengan Jakarta) dan di kawasan Molenvliet (Jl. Gajah Mada/ Hayam
Wuruk). Selain di kedua daerah diatas, seorang pakar Hukum yang namanya
diakui dalam ilmu Hukum Indonesia, yaitu Jacob Van Vollenhoeven, ternyata
memainkan peranan penting terhadap pendirian Loge Matahari di Padang
pada tahun 1858 yang beberapa bulan sebelumnya pada tanggal 11 Desember
1857 berkumpul dirumahnya untuk me,bahas mengenai pendirian Loge
tersebut.
Loge terakhir yang didirikan terakhir sebelum tahun 1890 di Jawa adalah
Loge “Veritas” di Probolinggo Jawa Timur.
Tokoh-Tokoh Indonesia Yang Terlibat di dalam Freemason
1. Raden Saleh dilantik pada tahun 1836 di loge Den Haag “Endracht Maakt
Macht”
Macht”
2. Abdul Rachman, keturunan dari Sultan Pontianak, dilantik tahun 1844 di
Loge di Surabaya “De Vriendschap” dan Gedenkboek tahun 1917 terdapat
keterangan bahwa dia adalah Mason pertama yang beragama Islam.
Loge di Surabaya “De Vriendschap” dan Gedenkboek tahun 1917 terdapat
keterangan bahwa dia adalah Mason pertama yang beragama Islam.
3. Pangeran Ario Soeryodilogo (1835-1900) menjadi anggota loge Mataram
di Yogyakarta
di Yogyakarta
4. Pangeran Ario Notokusuma (Paku Alam VI)
5. Pangeran Arionotodirojo (1858-1917). Masuk keanggotaan loge Mataram
pada tahun 1887 dan memegang berbagai jabatan kepengurusan. Ia ketua
Boedi Oetomo antara tahun 1911-1914. pada tahun 1913 ia mendirikan
Sarekat Islam Cabang Yogya yang banyak beranggotakan elit Jawa.
Notodirojo seorang yang disegani dan dianggap sebaga pergerakan rakyat
Jawa.
Sarekat Islam Cabang Yogya yang banyak beranggotakan elit Jawa.
Notodirojo seorang yang disegani dan dianggap sebaga pergerakan rakyat
Jawa.
6. R.M. Adipati Ario Poerbo Hadiningrat, yang pada awal abad ke 20
memangku jabatan bupati Semarang dan Salatiga. Bukunya yang terkenal
adalah Wat ik als Javaan voor geest en gemoed in de Vrijmetselarij heb
gevonden.
memangku jabatan bupati Semarang dan Salatiga. Bukunya yang terkenal
adalah Wat ik als Javaan voor geest en gemoed in de Vrijmetselarij heb
gevonden.
7. Raden Adipati Tirto Koesoemo Bupati Karanganyar. Anggota Loge
Mataram sejak tahun 1895. ketua pertama Boedi Oetomo. Pada kongres ke
dua Boedi oetomo, yang diadakan di gedung Loge Mataram, ia
mengusulkan pemakaian Bahasa Melayu, mendahului Sumpah Pemuda.
mengusulkan pemakaian Bahasa Melayu, mendahului Sumpah Pemuda.
8. A.H. van Ophusyen S.H. (1883-1956). Notaries dan anggota Dewan kota
Batavia. Salah seorang pendiri dari indo Europees Verbond-Ikatan Indo
Eropa. Wakil Suhu Agung untuk Indonesia.
Batavia. Salah seorang pendiri dari indo Europees Verbond-Ikatan Indo
Eropa. Wakil Suhu Agung untuk Indonesia.
9. Raden Mas Toemenggoen Ario Koesoemo Yoedha, 1882-1955, putra dari
Pakoe Alam V. menjadi anggota loge Mataram pada tahun 1909 dan
berkali-kali memegang jabatan kepengurusan. Pada tahun 1930 menjadi
Anggota Pengurus Pusat
10. Dr. Radjiman Wediodipoera (Wediodiningrat), 1879-1952. antara tahun
1906 dan 1936 dokter pada keratin Solo. Sarjana dan penulis mengenai
falsafah budaya. Pejabat ketua Boedi Oetomo 1914-1915. pada tahun
1945 memaainkan peranan penting sebagai ketua dari Badan Persiapan
Kemerdekaan Indonesia. Bersama Soekarno dan Hatta pergi menemui
Marsekal Terauchi dalam pembicaraan kemerdekaan Indonesia.Raden
Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Bogor, 1908. dalam tahun 1952 menjadi
anggota dari loge Indonesia Purwo Daksia. Ia menjabat sebaia Kepala
kepolisian RI . Soekanto menjadi Suhu Agung dari Timur Agung Indonesia
atau Federasi Nasional Mason. Ia juga menjabat sebagai ketua dari
Yayasan Raden Saleh yang merupakan penerusan dari Carpentier Alting
Stiching.
Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Bogor, 1908. dalam tahun 1952 menjadi
anggota dari loge Indonesia Purwo Daksia. Ia menjabat sebaia Kepala
kepolisian RI . Soekanto menjadi Suhu Agung dari Timur Agung Indonesia
atau Federasi Nasional Mason. Ia juga menjabat sebagai ketua dari
Yayasan Raden Saleh yang merupakan penerusan dari Carpentier Alting
Stiching.
11. R.A.S Soemitro Kolopaking Poerbonegoro, menjadi Ketua Suhu Agung
dari Timur Agung Indonesia pada 7 April 1955 (Hari berdirinya Tarekat
Mason Indonesia).
Mason Indonesia).
12. R.A. Pandji Tjokronegoro, terdaftar sebagai anggota pada tahun 1908,
hal ini dikuatkan dengan bukti dia merayakan Yubelium Mason Bebas
pada 50 tahunnya Mason Bebas.
pada 50 tahunnya Mason Bebas.
Tokoh Penjajah Belanda dalam Sejarah Indonesia yang Merupakan Member
Freemason :
1. Herman Willem Daendels, dilantik di Loge Kampen “Le Profond Silence”.
2. Thomas Stamford Raffles, pada tanggal 26 Juni 1813 diterima di dalam
Tarekat oleh Engelhard, sedangkan diplomasinya ditandatangani oleh
mason-mason bebas yang terkenal dan penguasa-penguasa colonial.
3. Johannes Van Den Bosch, dilantik di Loge De Vriendschap pada tahun
1830.
Loge-Loge atau Loji Yang Ada di Indonesia
1. Loge La Choisie di Batavia (1764-1766)
2. Loge La Fidele Sincerite (1767)
3. Loge La Virtuese (1769)
4. Loge La Constante et Fidele (1801) di Semarang
5. Loge De Vriendschap (1809) di Surabaya
6. Loge De Ster in Het Oosten (Loji Bintang Timur) di Batavia (1837)
7. Loge Matahari di Padang (1858)
8. Loge Princes Frederik der Nederlanden di Rembang (1871)
9. Loge L Union Frederic Royal di Surakarta (1872)
10. Loge Prins Frederik di Kota Raja Aceh pada tahun 1880
11. Loge Veritas di Probolinggo
12. Loge Arbeid Adelt di Makassar (1888)
13. Loge Excelsior di Bogor (1891)
14. Loge Tidar di Magelang (1891)
15. Loge St. Jan di Bandung (1896)
16. Loge Fraternitas di Salatiga (1896)
17. Loge Humanitas di Tegal (1898)
18. Loge Malang (1901)
19. Loge Blitar (1906)
20. Loge Kediri (1918)
21. Loge Het Zuinderkruis (Rasi Pari) di Batavia (1918)
22. Loge De Broerderketen (Segitiga) di Jember (1926)
para Freemason ini juga mendirikan sekolah-sekolah dan kesempatan
belajar keluar negeri, berikut kita dapat kutip dari keterangan Dr. Th.
Steven:
“Kaum Mason Bebas tidak hanya mendirikan sekolah-sekolah untuk kaum
Indo yang miskin, tetapi juga memberi kesempatan kepada kaum muda
Jawa yang berbakat untuk mengembangkan diri lebih lanjut melalui
pendidikan di Eropa”. (Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia
Belanda dan Indonesia 1764-1962, hal. 47).
Adapun tahun-tahun pendirian sekolah-sekolah Mason tersebut adalah
sebagai berikut:
1875 di Semarang
1879 di Batavia
1885 di Yogyakarta, dua sekolah
1887 di Surakarta dan Magelang
1888 di Buitenzorg (Bogor)
1889 di Padang dan Probolinggo
1892 di Semarang, sekolah kedua
1897 di tegal
1898 di Bandung dan Manado
1899 di Aceh
1900 di Malang
1903 di Malang, sekolah kedua
1905 di Bandung, sekolah kedua
1907 di Blitar
1908 di Surabaya
1900 di Padang, Magelang (sekolah kedua) dan Medan, Makssar, Kediri
1926 di Malang, sekolah ketiga
Selain mendirikan sekolah-sekolah, para anggota Tarekat Mason
1875 di Semarang
1879 di Batavia
1885 di Yogyakarta, dua sekolah
1887 di Surakarta dan Magelang
1888 di Buitenzorg (Bogor)
1889 di Padang dan Probolinggo
1892 di Semarang, sekolah kedua
1897 di tegal
1898 di Bandung dan Manado
1899 di Aceh
1900 di Malang
1903 di Malang, sekolah kedua
1905 di Bandung, sekolah kedua
1907 di Blitar
1908 di Surabaya
1900 di Padang, Magelang (sekolah kedua) dan Medan, Makssar, Kediri
1926 di Malang, sekolah ketiga
Selain mendirikan sekolah-sekolah, para anggota Tarekat Mason
Bebas di Indonesia ini juga mendirikan berbagai perpustakaan di
berbagai daerah. Di semarang pada tahun 1875 di buka perpustakaan
yang disebut “De Verlichting” dan pada tahun 1917 ditempatkan di
Peprustakaan Pusat dan Ruang Baca Umum. Jenis perpustakaan
itu dengan berjalannya waktu, muncul hampir bersamaan dengan
di semua tempat yang ada loge. Pada tahun 1877 didirikan sebuah
perpustakaan di Padang dan kemudian:
1878 di Yogya
1879 di Surabaya
1882 di Salatiga
1889 di Probolinggo
1890 di Buitenzorg (Bogor)
1891 di Bandung
1892 di Menado
1895 di Manado
1897 di Tegal
1899 di Medan
1902 di Ambon
1902 di Malang
1908 di Magelang
1907 di Blitar
Eksisnya Yahudi di Indonesia Pasca Kemerdekaan
Jika Yahudi pra kemerdekaan yang tergabung di dalam Freemason itu
1878 di Yogya
1879 di Surabaya
1882 di Salatiga
1889 di Probolinggo
1890 di Buitenzorg (Bogor)
1891 di Bandung
1892 di Menado
1895 di Manado
1897 di Tegal
1899 di Medan
1902 di Ambon
1902 di Malang
1908 di Magelang
1907 di Blitar
Eksisnya Yahudi di Indonesia Pasca Kemerdekaan
Jika Yahudi pra kemerdekaan yang tergabung di dalam Freemason itu
hengkang setelah keputusan Presiden tentang organisasi terlarang
Freemason, ternyata di kemudian hari Freemason ini kembali eksis
setelah sembunyi-sembunyi. Modus operandi mereka mengaku sebagai
keturunan Arab, umat awam pasti akan terkecoh karena Yahudi dan Arab
dalam segi fisik tak jauh berbeda. Bukti eksisnya Yahudi ini dapat kita
telusuri. Contoh paling mudah tentang eksisnya Yahudi serta Sinagognya,
dapat kita lihat pada daerah Surabaya, tepatnya Jalan Kayon no. 4
Surabaya (dekatnya Delta Plaza Surabaya). Jika amati seksama bangunan
di Kayon ini, maka kita dapat teliti bahawa gambar Bintang David itu sangat
jelas terpampang pada bagian pagar dari sinagoga tersebut.
Bangunan yang sekilas tampak “sepuh” ini menurut keterangan warga
Bangunan yang sekilas tampak “sepuh” ini menurut keterangan warga
pada hari Sabtu Agung, selalu dinyanyikan lantunan lagu rohani
berbahasa Ibrani. Selain itu eksisnya sebuah Sinagoga di daerah Kembang
Jepun (jika malam pusat kuliner :"Kiyaki”) pada nomor 4-6 , kita akan
dapati sebuah Sinagoga terbuka yang sangat jelas. Dulu Sinagoga ini
dipakai oleh Rita Aaron (peragawati dan model Surabaya) yang Yahudi
untuk beribadat menyembah Yahweh (sebutan Tuhan oleh orang Yahudi).